Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Ada Apa Dengan Usus Buntu

Ada Apa Dengan Usus Buntu

Operasi, mendengar kata itu membuat hati ini meremang. Di dalam bayangan saya operasi adalah tindakan yang akan menyakitkan karena bagian tubuh kita akan dilukai. Namun kemarin, kata itu seperti sebuah obat, yang harus ditelan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Dan yang membuat hati saya ciut adalah putri saya yang harua menjalaninya. Tidak terbayangkan bagaimana tubuh putri saya harus dilukai dan itu pasti akan menyakitkan. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa putri saya menderita radang usus buntu dan satu-satunya jalan penyembuhan adalah operasi. Saya seperti tidak percaya kalau putri saya harus menjalaninya. Dan untuk menenangkan hati, saya nencoba googling mencari informasi tentang penyakit usus buntu.

Penyakit usus buntu adalah peradangan atau pembengkakan apendiks atau usus buntu. Sedangkan usus buntu adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar. Hingga saat ini, alasan kenapa kita memiliki usus buntu masih belum diketahui.

Pengangkatannya pun tidak memengaruhi kondisi kesehatan. Namun penyakit usus buntu atau apendisitis berpotensi memicu komplikasi yang serius.

Apendisitis merupakan penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Tetapi, kalangan muda yang berusia 10 sampai 30 tahun adalah kelompok orang yang paling sering mengalami kondisi ini.

Gejala-gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala utama pada penyakit usus buntu adalah sakit perut. Meski demikian, tidak semua jenis sakit perut akan berujung pada apendisitis.

Sakit perut yang mengindikasikan penyakit ini biasanya berawal di perut bagian tengah. Pada awalnya, rasa sakit itu akan datang dan pergi. Beberapa jam kemudian, rasa sakit akan berpindah ke perut kanan bawah (tempat usus buntu berada) sebelum akhirnya bertambah parah dan terus menerus terasa sakit.

Rasa sakit juga akan bertambah parah ketika terjadi penekanan pada bagian perut tersebut. Begitu juga pada saat Anda batuk atau berjalan. Beberapa gejala lain yang dapat menyertai sakit perut itu antara lain :

  • Kehilangan nafsu makan
  • Perut kembung
  • Tidak bisa buang gas
  • Mual dan muntah
  • Konstipasi atau diare
  • Demam

Penyakit usus buntu juga sering dikira sebagai penyakit lain, seperti keracunan makanan, sindrom iritasi usus yang parah, konstipasi biasa, dan infeksi saluran kemih. Wanita muda juga sering mengira gejala penyakit ini sehubungan dengan kandungan, seperti kehamilan ektopik atau nyeri menstruasi.

Membaca informasi tersebut, hati saya sedikit tenang. Dan berharap semuanya akan baik-baik saja. Saya percaya bahwa Allah Maha Baik dan ditengah ujian insyaa Allah ada kebaikan yang tidak kita ketahui. Saya hanya bisa berdoa kepada Allah Sang Maha Penyembuh supaya penyakit putri saya diangkat dengan sempurna. Wallahu a'lam.

#edisimenenangkanhati#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Syafakillah...buat buah hati tercinta, bunda Rini. Operasi, pasti akan membuat si mbak akan menjadi lebih nyaman dan sembuh seperti sedia kala. Semangat...semangat. Sun sayang buat si mbaknya....bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

30 Sep
Balas

Aamiin Yaa..Allah...Jazakumullah khoiron katsiro atas doanya Bunda Raihana yang selalu setia mengunjungi rumah ini....Salam sehat dan sukses selalu ...Barakallah bunda...

30 Sep

Tak usah cemas Bu. Proses operasi inshaallah berjalan lancar. Kasih semangat saja buat putra tercinta.

30 Sep
Balas

Ya Pak...yang berat adalah meyakinkan anak bahwa semuanya akan baik-baik saja..

30 Sep

Ya Pak...yang berat adalah meyakinkan anak bahwa semuanya akan baik-baik saja..

30 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali