Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Karena Anak adalah Peniru Ulung

Karena Anak adalah Peniru Ulung

"Hasna jelek, "aku menggoda keponakanku yang masih berusia dua tahun setengah. Dia menjawab," Budhe Rini jelek." Kemudian aku balas lagi, "Hasna cantik Dia juga menirukan ucapanku, "Budhe Rini cantik" Aku selalu merindukan celotehan itu. Percakapan diatas menggambarkan bahwa salah satu karakteristik anak adalah meniru.

Anak adalah salah satu aset yang berharga bagi orang tua. Mendidik anak ibarat mengukir di atas batu, keras dan butuh usaha yang lama. Salah satu bekal yang harus kita ketahui dalam mendidik anak adalah kita harus mengetahui karakteristik anak. Salah satu karakteristik anak yang paling mudah kita amati adalah anak sangat suka meniru apa yang dilakukan dan diucapkan oleh orang dewasa. Sehingga di sini perlu kehati-hatian sebagai orang tua supaya dapat memberikan contoh dan teladan yang baik. Masih ingat kasus balita yang merokok. Miris sekali melihat hal tersebut. Mereka belum mengetahui resiko dari perbuatan tersebut. Mereka hanya meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa disekitarnya terutama orang tuanya. Oleh karena itu orang tua perlu menyediakan lingkungan yang kondusif supaya dapat membentuk karakter anak melalui contoh dan teladan yang baik. Sangat merugi apabila kita tidak memanfaatkan kesempatan tersebut, karena hasilnya akan kita nikmati dalam jangka panjang. Memang usaha itu tidak mudah dan butuh kesabaran namun ketika sudah berhasil, karakter itu akan tetap melekat sampai anak itu dewasa.

Semoga kita diberi kekuatan untuk dapat mendidik anak-anak kita dan generasi penerus bangsa yang berkarakter mulia. Aamiin...

With love Hasna Huwaida....

4 Agustus 2018, baitii jannatii...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Betul bunda. Anak-anak selalu mencontoh apa yang kita lakukan. Karenanya, kita harus senantiasa memberikan teladan yang baik pada mereka. Salam sehat dan sukses selalu. Peluk cium untuk Hasna Huwaida. Barakallah..., bunda.

05 Aug
Balas

Njih bun...semoga kita bisa menjadi contoh dan teladan untuk anak-anak kita. Barokallah..semoga selalu sehat...

05 Aug
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali