Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Apakah Anda Sudah Melakukan Kebaikan Hari Ini?

Apakah Anda Sudah Melakukan Kebaikan Hari Ini?

Apakah Anda sudah melakukan kebaikan hari ini? Pertanyaan itu bisa diubah menjadi pertanyaan "Apakah Saya Sudah Melakukan Kebaikan Hari Ini?". Ketika pertanyaan itu dilakukan oleh diri sendiri maka hal itu mengarah kepada muhasabah. Sejatinya seorang muslim yang baik selalu bermuhasabah terhadap dirinya sendiri. Dengan muhasabah, seorang muslim yang baik akan terus berupaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Waktu berlalu begitu cepat, tak terasa tubuh mulai melemah dan mata mulai kabur. Melakukan kebaikan adalah suatu keniscayaan yang harus selalu dilakukan oleh seorang muslim. Karena kehidupan di dunia ini tidak kekal. Setiap pribadi akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah diperbuatnya. Bagaimana jadinya apabila timbangan amal kebaikan lebih ringan dari amal keburukan? Tentu hal itu tidak kita inginkan.

Yakinlah bahwa kebaikan akan dibalas dengan kebaikan. Ada beberapa dalil yang perlu kita ketahui agar senantiasa berbuat kebaikan :

  • Allah سبحانه و تعالى berfirman, هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ : “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar Rahman : 60)
  • Allah سبحانه و تعالى juga berfirman, لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ : “Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik.” (QS. An-Nahl : 30)

Mungkin anda akan bertanya. Apa kira-kira bentuk kebaikan yang akan anda dapatkan? Banyak sekali, diantaranya ialah:

Pertama, Kecintaaan Allah سبحانه و تعالى kepada Anda

وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”. (QS. Al-Baqarah : 195)

Kedua, Pahala di sisi ALLAH سبحانه و تعالى

بَلَى مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِنْدَ رَبِّهِ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Tidak demikian, bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. (QS. Al-Baqarah : 112)

Ketiga, Upah yang lebih baik dari kebaikan yang dilakukan

لَهُمْ مَا يَشَاءُونَ عِنْدَ رَبِّهِمْ ذَلِكَ جَزَاءُ الْمُحْسِنِينَ . لِيُكَفِّرَ اللَّهُ عَنْهُمْ أَسْوَأَ الَّذِي عَمِلُوا وَيَجْزِيَهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ الَّذِي كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki pada sisi Tuhan mereka. Demikianlah balasan orang-orang yang berbuat baik, agar Allah akan menutupi (mengampuni) bagi mereka perbuatan yang paling buruk yang mereka kerjakan dan membalas mereka dengan upah yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (QS. Az-Zumar : 34-35)

Keempat, Dekat dengan rahmat Allah سبحانه و تعالى

إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

“Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”. (QS. al-A’raf : 56)

Maka berbuat baiklah. Karena kebaikan tersebut akan kembali kepada diri anda sendiri.

Allah سبحانه و تعالى berfirman,

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri.” (QS. Al-Isra : 7)

Berbuat baiklah kalian semua dengan ikhlas. Semoga Allah catat kebaikan kita semua sebagai amal kebaikan yang bisa jadi dapat memasukkan kita ke dalam syurga-Nya.

#self remider#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bagus bunda...terimakadih jadi diingatkan..

07 Oct
Balas

Iya Bun....saling mengingatkan saja...

07 Oct

Mantap

04 Oct
Balas

Terinspirasi ketika mendapat ujian dan Allah memberikan kebaikan yang tidak disangka...

04 Oct

Sesungguhnya berbuat baik kepada orang lain merupakan kebaikan untuk diri sendiri. Jzakumullah khoiron katsiro untuk tulisan yang mengingatkan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

04 Oct
Balas

Betul bunda....Marilah terus berbuat baik dan meyakini bahwa kebaikan itu akan kembali lagi kepada kita....Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah bunda Rai...

05 Oct

Berlomba-lombalah untuk berbuat baik. Terimakasih sudah mengingatkan .

04 Oct
Balas

Iya Pak...untuk mengingatkan diri sendiri juga....

04 Oct

Iya Pak...untuk mengingatkan diri sendiri juga....

04 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali