Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Guru Kecil Belajar dari Guru Besar

Guru Kecil Belajar dari Guru Besar

Saya merasa takjub ketika pertama kali melihat sampul buku berjudul "Guru Besar Tanpa Gelar" yang ditulis oleh Ibu Fila Ariyanti, S.Pd. SD. Sebuah judul yang sangat menggelitik di tengah dilema sebagai guru kecil. Guru kecil yang harus menguatkan hati di tengah ketidakberdayaan menghadapi birokrasi. Ya sudahlah, yang terpenting dimanapun posisi kita, harus bisa bermanfaat bagi orang lain. Akhirnya sebagai rasa hormat saya terhadap guru besar dan sahabat, saya mencoba mengulas buku yang luar biasa ini.

Judul Buku : Guru Besar Tanpa Gelar

Penulis : Fila Ariyanti, S.Pd.SD.

Penerbit : Pustaka Media Guru

Tahun Terbit : 2018

Jumlah Halaman : 76 halaman

Buku bersampul hijau ini bercerita tentang seorang guru yang sangat luar biasa. Yaitu Bapak Kasad Riyadi yang merupakan guru senior sekaligus kepala sekolah di instansi dimana penulis mengajar. Bapak Kasad adalah sosok seorang pemimpin yang dengan kesederhanaan dan karismanya mampu menginspirasi anak buah tanpa banyak perintah.

Di dalam bukunya penulis menceritakan bagaimana sosok Pak Kasad yang bisa menjadi teladan bagi kita semua. Diantara sifat beliau yang bisa menjadi contoh adalah dalam hal kejujuran. Hal itu terlihat ketika ada penerimaan guru wiyata bakti di sekolah. Waktu itu ada yang bermaksud memberi buah tangan kepada beliau. Namun dengan tegas beliau tolak dengan alasan yang cukup kuat.

Selain sifat di atas, Pak Kasad juga memiliki selera humor yang tinggi. Dan itu membuat suasana yang rileks tapi tetap kondusif dalam lingkungan kerja. Dengan kondisi lingkungan yang kondusif, maka ketika ada rekan guru yang berbuat kesalahan sudah merasa bersalah sendiri tanpa harus ditegur.

Beliau juga mempunyai selera seni yang tinggi. Pak Kasad satu-satunya guru yang menguasai musik keroncong, gendhing-gendhing jawa, lagu-lagu macapat. Bahkan pemahaman dan penggunaan not angka maupun not balok hanya beliau yang menguasai.

Yang tidak kalah pentingnya adalah sifat beliau yang memimpin dengan hati. Beliau selalu memberi semangat melalui teladan, menginspirasi dengan aksi dan berperan aktif dalam membimbing siswa dalam bidang tertentu yang tidak dikuasai oleh guru yang lain.

Sampai akhirnya Pak Kasad mengakhiri masa jabatan sebagai kepala sekolah dan menjadi guru biasa selama satu tahun sebelum akhinya purna tugas. Menjadi guru biasa setelah sebelumnya menjabat kepala sekolah tidak menjadi masalah buat beliau. Guru-guru menyebutnya sebagai guru besar sebagai bentuk penghormatan karena pengalaman mengabdi di dunia pendidikan yang cukup lama.

Memasuki masa pensiun tidak menjadikan Pak Kasad menjadi terpuruk. Sosok yang humoris dan selalu terlihat santai dalam menjalani hidup membuat beliau selalu awet muda padahal murid-muridnya yang dulu anak-anak sudah beranjak menua. Memang profesi guru sangat luar biasa.

Buku ini sangat bagus untuk dijadikan inspirasi bagi guru/pendidik yang lain. Bahwa profesi guru adalah profesi yang menuntut keteladanan. Sehingga diharapkan guru tidak hanya mengajar namun juga menjadi contoh bagi lingkungan di masyarakat.

Demikian resensi yang dapat saya tulis, semoga dapat diterima oleh pembaca sebagai bahan pertimbangan untuk membaca buku yang luar biasa ini. Apabila berkenan dapat menghubungi penulis Ibu Fila Ariyanti No WA 083105267341.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Besar-kecilnya guru tentu bukan karena gelar ya, Bu. Tapi bgmn dia mampu menunjukkan diri sbg guru sejati.

31 Oct
Balas

Betul Pak Edy...saya sangat terharu membaca buku ini..

31 Oct

Wah bagus banget bu isi bukunya, sarat keteladan seorang guru terbaik

31 Oct
Balas

Iya Pak....saya juga ikut belajar dari tulisan ini...

31 Oct

Kereeeen Bu...baik buku , penulis maupun yang meresensinya...menginspirasi menjadi guru yang amanah

31 Oct
Balas

Mari belajar sedikit demi sedikit Bu...semoga selama ada niat baik, Allah akan membimbing kita menjadi guru yang amanah....Barakallah...

31 Oct

Wowwww keren lagi lagi sebuah resensi yang luar biasa dirangkai dg apik dan mendalam, tepat sasaran. Bu Rini luar biasa. Sukses selalu dan barakallah

31 Oct
Balas

Hanya itu yang bisa saya berikan kepada sahabat Bunda Pipi... Semoga dapat diterima..Barakallah..

31 Oct

Masyaallaah, resensinya saja sudah luar biasa.. Saya yakin bukunya lebih cetarrr dan membahana.. Mantap bukunya bunda Fila... Barakallaah

01 Nov
Balas

Buku yang sangat menginspirasi Bunda....Barakallah...Terima kasih atas apresiasinya Bunda Nurmalia...

01 Nov

Terimakasih ibu berkenan membaca dan mempersembahkan resensi buku tersebut. Banyak keteladanan yg bisa kita ambil dari sosok "guru besar tanpa gelar" dan kita terapkan dlm bertugas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

31 Oct
Balas

Sama-sama Bu Fila...hanya ini yang bisa saya lakukan..semoga kita bisa meneladaninya...

31 Oct

mantap ulasannya bu rini

05 Nov
Balas

Mudah-mudahan bisa diterima Bunda Nelliani...Barakallah..

06 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali