Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Hati-hati Menulis Dengan HP

Hati-hati Menulis Dengan HP

Sebagai salah satu anggota gurusiana, setiap hari saya mencoba untuk selalu istiqamah dalam menulis. Dan selama ini, saya lebih sering menggunakan HP untuk menulis suatu artikel. Karena HP adalah alat yang praktis dan bisa digunakan dimana saja, kecuali di kamar mandi tentunya. Karena bisa-bisa tidak jadi menulis akan tetapi HP malah kecemplung ke dalam bak air. Menulis dengan HP memang mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Namun sepanjang pengamatan saya, banyak kesalahan menulis yang kita lakukan ketika menulis dengan HP. Diantara kesalahan-kesalahan menulis ketika menggunakan HP adalah sebagai berikut :

  1. Penulisan kata yang salah karena kita salah memencet huruf yang berdekatan misal huruf "s" dan "a". Contohnya :..... Indoneaia ...Maksud penulis adalah ..Indonesia...
  2. Penulisan huruf yang dobel karena kita memencet dua kali. Contohnya : "Ttidak ada yang perlu dibicarakan lagi." Huruf T terpencet dua kali atau bisa jadi karena belum diedit.
  3. Penulisan huruf besar setelah tanda titik. Sering saya jumpai setelah tanda titik, huruf yang ditulis adalah huruf kecil.
  4. Penggunaan spasi setelah tanda titik ataupun koma. Namun yang saya lihat dan terkadang ada dalam tulisan saya adalah tidak ada spasinya.

Itulah beberapa kesalahan yang seringkali saya lihat jika kita menulis dengan HP. Namun yang paling sering adalah penulisan kata yang salah. Penyebab dari kesalahan tersebut bisa jadi karena pengaruh layar sentuh yang begitu mudah bereaksi dengan sedikit sentuhan dari jari kita. Yang kedua adalah huruf yang terlalu kecil, sehingga terkadang mata kita kurang jelas apakah kata tersebut sudah benar atau belum. Terutama bagi yang sudah berkaca mata plus seperti saya

Untuk meminimalisir kesalahan, alangkah baiknya apabila kita membaca ulang tulisan kita sebelum diposting. Setelah dibaca ulang, kita bisa mengedit kembali kata-kata yang salah tersebut. Dan kemudian kita posting. Namun terkadang kesalahan itu masih terlihat setelah tulisan diposting, maka kita juga bisa mengedit kembali tulisan kita.

Artikel yang saya tulis ini untuk mengingatkan diri sendiri supaya lebih berhati-hati ketika menulis dengan HP. Dan mungkin dalam tulisan yang saya posting ini juga masih ada kesalahan. Saya mohon koreksi dari para gurusianer.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya juga menulis di handphone, iya banyak sekali kesalahan, solusinya edit, edit, dab edit.

02 Oct
Balas

Begitulah Pak...menulis dengan HP harus rajin mengedit....

02 Oct

Begitulah Pak...menulis dengan HP harus rajin mengedit....

02 Oct

Klu Hp nya 14 inchi mungkin dapat mengurangi kesalahan bunda he..he..

02 Oct

He..he...namanya bukan HP lagi Pak Mulya...

02 Oct

Kesalahan yang tidak disengaja, harus teliti

02 Oct
Balas

Perlunya mengedit tulisan kembali....

02 Oct

Betul...bunda, perlunya proses "editing" setelah penulisan. Jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

02 Oct
Balas

Njih bunda...suka gemes lihat tulisan yang kurang tepat...Barakallah bunda...

02 Oct

Terimakasih sumbang sarannya bu

03 Oct
Balas

Njih Bun....sekedar untuk mengingatkan saja Bun..Salam literasi..

03 Oct

Terimakasih atas infonya bunda, salam kenal dari Kampar Riau Sehat dan sukses selalu.

02 Oct
Balas

Hanya sekedar mengingatkan Bun ...Salam kenal juga Bunda Nurmalia Siregar...

02 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali