Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Ketika Nama Raihana Rasyid Menjadi Magnet dalam Sebuah Judul Tulisan (Apalah Arti Sebuah Nama)

Ketika Nama Raihana Rasyid Menjadi Magnet dalam Sebuah Judul Tulisan (Apalah Arti Sebuah Nama)

Sebagai salah satu anggota gurusiana tentunya kita tidak bisa lepas dari aktivitas menulis dan membaca. Ketika kita melakukan aktivitas membaca, apa yang pertama kali dilihat? Apakah judulnya? Atau gambarnya (jika ada)? Betul sekali, tentu kita akan melihat judulnya dan gambar yang menyertainya (jika ada). Judul tulisan memiliki magnet bagi masing-masing pembaca tergantung faktor internal dari pembaca. Mungkin adanya chemistry antara judul tulisan dengan peristiwa yang pernah dialami pembaca.

Ada fenomena yang saya amati di gurusiana beberapa waktu yang lalu. Dimana judul artikel yang memuat nama Bunda "Raihana Rasyid" memiliki magnet yang luar biasa bagi para pembaca. Tercatat beberapa orang gurusianer yang beberapa kali membuat artikel yang menyertakan nama "Raihana Rasyid" dalam judulnya. Sebutlah Bunda Siti Ropiah yang sangat intens membuat artikel tentang Bunda Raihana Rasyid. Mungkin ada sekitar 11 judul lebih yang memuat judul seperti itu. Atau yang terakhir Bunda Dyahni dan Bunda Ade Sari Dewi juga membuat judul yang berkaitan dengan Bunda Raihana Rasyid, dengan jumlah pembaca yang fantastis. Terlepas bahwa Bunda Raihana Rasyid adalah penulis populer yang ramah dan juga takdir masing-masing tulisan, saya ingin mengupas dari sisi yang lain.

Apakah Anda pernah mendengar ungkapan "Apalah Arti Sebuah Nama"? "What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet,"kata William Shakespeare (26 April 1564-23 April 1616), pujangga terbesar Inggris, yang artinya kurang lebih, "Apalah arti sebuah nama? Andaikata kita memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi."

Namun bagi seorang muslim, nama adalah doa sekaligus harapan. Memberikan nama pada anak berarti kita memberikan citra awal tentang diri anak yang suatu ketika diharapkan ia akan mewujud menjadi pribadi yang sesuai dengan makna yang terkandung di dalam maknanya. Di sisi lain, nama juga bisa menjadi sarana bagi anak untuk memahami bagaimana orang lain atau lingkungan memandang sosok dirinya. (Tribunews.com)

Lalu apa hubungannya dengan nama "Raihana Rasyid" yang menjadi magnet dalam sebuah tulisan? Bunda kita yang satu ini pernah membahas tentang arti dari nama beliau dalam sebuah artikel berjudul "Andai Aku Jadi Seorang Bapak". Raihana atau Raihan artinya tumbuhan yang harum. Sedangkan Rasyid mengacu pada nama ayah beliau yaitu Harun Ar Rasyid. Membaca hal itu dapat kita simpulkan bahwa orang tua beliau mengharapkan bahwa putrinya akan memberikan keharuman di manapun tempatnya. Dan sekarang nama yang diberikan orang tuanya benar-benar menjadi kenyataan karena Bunda Raihana memberikan keharumannya di gurusiana. Bahkan ketika nama beliau dijadikan judul artikel oleh gurusianer yang lain, nama itu tetap memberikan keharumannya dan menjadi magnet yang luar biasa.

"Sesungguhnya, pada hari kiamat nanti, kalian akan dipanggil dengan nama-nama kamu dan nama ayah-ayah kamu; maka buatlah nama yang baik bagi diri kamu." (H.R. Abu Dawud)

Berarti ungkapan "Apalah Arti Sebuah Nama" perlu ditinjau kembali karena ternyata sebuah nama mempunyai pengaruh pada diri orang yang memiliki nama tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantul banget Bunda.. Salam

05 Nov
Balas

Kayak bola aja nih...mantul-mantul...Terima kasih Bunda...

05 Nov

Bunda..., tak kasih tau ya, "mantul" itu singkatan dari "mantaf betul"....hihihi. Ni istilah dari pak CEO Mediaguru...ngono lho bun....

05 Nov

Oh... Begitu ya Bun..... hi.. hi... baru tau....

06 Nov

Siip bu Rini. Sepakat terlepas itu takdir tulisan, tapi benar ada magnet tersendiri untuk nama Raihana Rasyid. Bu Rini juga pernah ngalami kan?

05 Nov
Balas

Yess saudariku...walapun judulnya tidak memuat nama beliau (Dua Tulisan Merindu) namun gambarnya adalah profil beliau...

05 Nov

Mantapppp Bunda Rini...sepakat fengan ulasannya ..salam sehat dan sukses slalu

05 Nov
Balas

Mantappppp juga Bunda Marlupi yang selalu di hati......sukses juga untuk bunda...

05 Nov

Mantapppp Bunda Rini...sepakat fengan ulasannya ..salam sehat dan sukses slalu

05 Nov
Balas

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, ada apa ini koq rame-rame ? Ketinggalan kereta ni nampaknya. Saya batuk-batuk lho ini bun...hehehe. Alhamdulillah, jazakillah khoir. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Nov
Balas

Maaf ya Bunda..tadi ada sedikit nggosip tentang Bunda Rai yang aduhai.. Hi..hi....Salam sehat dan sukses selalu untuk Bunda ....Barakallah..

05 Nov

Kereeen dan jeli sekali saudariku ini. Sukses selalu dan barakallah

05 Nov
Balas

Diriku belajar darimu wahai saudariku tercinta....Barakallah...

05 Nov

Mantap ulasannya bundaaaa.. I like it.. I love you hihiihi... Barakallaah

05 Nov
Balas

Love you too ..my younger sister...hi..hi...Barakallah...

05 Nov

Ini sehebat empunya Dara Fathia dan sahabat-sahabatnya. Bu Rini memang special...sukses terus bu.

05 Nov
Balas

Persaudaraan 'maya" yang luar biasa..termasuk dengan Bunda Fila..Barakallah Bunda...

05 Nov

Dahsyat

05 Nov
Balas

Dahsyat juga buat Pak Aris Pujianto....

05 Nov

Ok.sudut pandang yang menyenangkan, dan pas! Tks buk

05 Nov
Balas

Untuk mempererat tali persaudaraan Pak Taufik...

05 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali