Rini Yuliati

Seorang ibu dari dua orang putri yang ingin belajar merangkai huruf sehingga menjadi bermakna. Tinggal di sebuah kota kecil di Kebumen, Jawa Tengah. Profesi mom...

Selengkapnya

Fakta Penciptaan : Lebah Madu dan Keajaiban Arsitektural Sarang Madu

Honey artinya sayang. Honey juga bisa diartikan sebagai madu. Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh hewan yang bernama lebah. Madu ini terdapat pada sarang lebah. Saya sungguh mengagumi bentuk sarang lebah. Bentuknya yang unik kerap hadir di atap rumah. Terutama atap rumah yang belum menggunakan plafon.

Lebah menghasilkan madu lebih banyak daripada yang dibutuhkannya dan menyimpannya di sarang. Semua orang sangat mengenal struktur heksagonal sarang lebah. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa sarang lebah berbentuk heksagonal, bukan oktagonal atau pentagonal ?

Para ahli matematika yang mencari jawaban pertanyaan itu mencapai kesimpulan menarik : "Heksagon adalah bentuk geometri paling tepat untuk penggunaan maksimum suatu ruang."

Sel berbentuk heksagonal membutuhkan jumlah lilin minimum, tetapi mampu menyimpan madu dalam jumlah maksimum. Jadi, lebah menggunakan struktur sarang yang paling tepat.

Metode yang digunakan untuk membangunnya pun sangat menakjubkan. Lebah-lebah memulainya dari dua atau tiga tempat berbeda dan menjalin sarang-sarang secara serentak dengan dua atau tiga deretan. Meskipun memulai dari tempat yang berbeda-beda, lebah yang jumlahnya banyak ini membuat heksagon-heksagon identik, kemudian menjalinnya jadi satu dan bertemu di tengah-tengah. Titik-titik sambungnya dipasang dengan begitu terampil sehingga tidak ada tanda-tanda telah digabungkan.

Melihat kinerja luar biasa ini, kita harus benar-benar mengakui kehendak agung yang mengatur makhluk-makhluk ini. Tegasnya, Allah, pencipta makhluk-makhluk kecil ini, "mengilhami" mereka dengan apa yang harus mereka kerjakan. Fakta ini dinyatakan dalam Al Quran 14 abad yang lalu :"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah : "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukut, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl, 16 : 68-69) .

Disarikan dari buku : Keruntuhan Teori Evolusi karya Harun Yahya

Patikraja, 9 Juni 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bu Rini, jika kita amati hampir semua makhluk ciptaan Allah dikaruniai kemampuan arsitektur luar biasa. Dari mulai lebah, rayap, burung, bekicot dan lain-lain. Subhanallah, ini bukti bahwa pada satu sisi hewan mempunyai nilai plus dibandingkan manusia. Barakallah bu Rini.

09 Jun
Balas

Betul Pak Agus....Mereka diciptakan dengan sistem yang luar biasa...Salam sehat dan bahagia ...Barakallah Pak Agus ...

09 Jun

Masyaallah, betapa agung maha karya-Nya. Tak satu pun yang dapat menandinginya. Allahu akbar. Jazakillah khoir untuk tulisan sarat ilmu dan manfaat ini, Budhe. Semoga menjadikan kita semakin patuh kepada-Nya. Sungguh rahasia penciptaan yang luar biasa. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah..., Budhe Rini....❤❤❤

09 Jun
Balas

Betul Uthi...Semoga kita termasuk golongan ulil albab yang selalu berpikir tentang tanda-tanda kekuasaannya supaya bertambah keimanan kita..Amin ya rabbal'alamiin...Salam sehat dan bahagia Uthi....Barakallah...

10 Jun

Mantap paparannya Budhe, selalu sarat dg nilai religius. Sukses selalu dan barakallahu fiik

09 Jun
Balas

Maha Suci Allah yang telah menciptakan makhluk-Nya dan memberi pelajaran bagi orang-orang yang berpikir..Terima kasih sudah mampir di sini Bunda Pipi...Salam sehat dan bahagia...Barakallah...

09 Jun

Paparan yang lengkap bu Rini jadi tahu fakta penciptaan dan arsitektur sarang lebah madu subhanallah luar biasa. Jadi tambah ilmu. Terimakasih sharenya, barakallahu fiik.

09 Jun
Balas

Semoga bermanfaat Bu Rita...Terima kasih sudah mampir di sini...Salam sehat dan bahagia...Barakallah Bu Rita...

09 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali