Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Perjalanan Para Perindu Ka'bah

Perjalanan Para Perindu Ka'bah

Mana resensi buku saya, Bu Rini. Padahal berhadiah buku lho, "tulis Pak Syaihu dalam sebuah komentar. Memang beberapa waktu yang lalu, saya memesan sebuah buku berjudul "Pak Guru Menjadi Tamu Allah". Dan sudah lama saya membuat judul untuk resensi buku tersebut, hanya saja untuk membuat rangkaian kata yang pas masih menunggu waktu yang tepat. Dan sekarang saya mencoba mengulas buku yang mudah-mudahan bisa diterima.

Judul buku : Pak Guru Menjadi Tamu Allah

Penulis : H. Ahmad Syaihu

Penerbit : CV. Cipta Media Edukasi

Tahun terbit : 2018

Jumlah halaman : 140

Di bagian awal halaman buku berjudul "Pak Guru Menjadi Tamu Allah" diawali dengan sebuah petikan ayat QS. Ali Imran ayat 97 :

"Allah SWTberfirman, "Dan (diantara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam."

Petikan ayat di atas cukup menjelaskan kepada pembaca bahwa panggilan berhaji merupakan salah satu kewajiban manusia kepada Allah. Kewajiban sebagai seorang muslim untuk menunaikan ibadah haji agar Islamnya sempurna. Buku ini sangat layak dibaca oleh para perindu ibadah yang luar biasa ini.

Pak Guru termasuk orang yang beruntung karena selama penantian yang cukup lama, akhirnya bisa berangkat haji bersama istri.

Buku ini menceritakan perjalanan penulis yang dipanggil pak guru beserta istri ketika menunaikan ibadah haji. Diawali dari keberangkatan yang memang sudah dipersiapkan dengan matang. Penulis menceritakan dengan detail setiap perjalanan yang dilaluinya. Dengan gaya reportase yang menjadi ciri khas penulis membuat pembaca seolah-olah mengikuti perjalanan penulis. Tidak adaa satupun yang terlewatkan dari perjalanan. Semuanya mengalir dengan lancar dan terlihat bahwa pak guru tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh Allah.

Bagi pak guru, setiap tempat mempunyai cerita yang mengandung ibrah. Ada sebuah kalimat yang sangat menyentuh hati saya :

"Di padang Arafah dengan pakaian ihram yang sama, warna putih semua, para jamaah mengumandangkan dzikir dan mengagungkan Allah SWT, merendahkan diri sebagai makhluk yang sangat kecil, amat kecil seperti pasir, di sekitar tempat wukuf padang Arafah."

Buku ini layak dibaca oleh para perindu Ka'bah karena didalamnya berisi banyak hal yang bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Ada ibrah dari setiap perjalanan dan tips-tips yang harus diketahui pembaca supaya perjalanan haji menjadi bermakna. Semoga saya dan kita semua diberi kesempatan menjadi tamu Allah seperti Pak Guru.

Bagi yang berminat bisa pesan kepada penulis Bapak Ahmad Syaihu melalui no WA 082233554444.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah Barokallah semoga beruntung mendapatkan buku, tunggu pengumumannya ya bu Rini

30 Oct
Balas

Terima kasih Pak..semoga ada keberuntungan bagi saya...namun kalau tidak juga ga papa..sambil berlatih terus..

30 Oct

Kereeen bu Rini, luar biasa, resensi yang mantap dg tatanan kalimat apik menambah manis dan renyah. Sukses selalu dan barakallah

30 Oct
Balas

Hanya ini yang bisa saya berikan untuk para sahabat yang ada di sini...Semoga bisa diterima oleh beliau...

30 Oct

Semakin keren dan berkelas tulisan bu Rini... meresensi buku terlihat menarik dan apik. Sehat, sukses dan berkah, bu.

30 Oct
Balas

Ini juga lagi belajar mbakyu...masih perlu diperbaiki...maturnuwun sudah kerso rawuh...

30 Oct

Pas buk, dengan sedikit penambahan ulasan akan lebih baik kayaknya..selamat dan sukses

30 Oct
Balas

Terima kasih Pak atas sarannya..akan saya pikirkan kembali....

30 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali