Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Syariat Allah Tidak Pernah Salah
Dokumen Bunda Siti Ropiah

Syariat Allah Tidak Pernah Salah

Dua hari yang lalu aku menerima tamu istimewa dari jauh. Sebuah paket dengan pembungkus berwarna coklat menyambangi gubukku. Dengan tidak sabar kubuka pembungkusnya, dan jreng..jreng..1, 2, 3. Ada 3 buku didalamnya. Apa ini tidak salah? Kemarin aku memesan 2 buku tapi kenapa ini ada 3. "Ah...ini mungkin rezeki emak sholehah, "pikirku. Sampai sore ketiga buku itu hanya kutimang2, bingung mana yang harus kubaca dulu. Ketika sedang asyik membuka plastik pembungkusnya, tiba-tiba si sulung pulang dari sekolah. "Wah, dara fathia ya Bu, " ucapnya dengan antusias. "Iya, tapi ganti baju dulu, " jawabku. Melihat gelagatnya yang tidak sabar melihat buku yang aku pegang. Tidak berapa lama buku dengan sampul warna merah sudah berpindah tangan. Sekarang tersisa dua buku ditangan. Buku bersampul hijau atau buku bersampul hitam yang akan ku baca. Akhirnya kuputuskan membaca buku bersampul hijau dengan judul "Indahnya Poligami dalam Islam."

Melihat judulnya aku berpikir," Wah, ini bukan buku biasa. Perlu waktu dan hati yang tenang untuk membacanya." Kutelusuri profil penulis yang ada dibagian belakang, Dr. Siti Ropiah, Dra, SH., M.Hum. Membaca latar belakang pendidikan dan kiprahnya dalam dunia pendidikan, aku mengambil kesimpulan bahwa buku ini memang spesialisasi yang menjadi makanan penulis. Sejujurnya aku tak punya nyali untuk mengulas buku yang luar biasa ini. Teringat ucapan penulis bahwa buku ini membuat beliau dibenci kaumnya masih tergambar jelas dibenakku. Waduh, jangan-jangan aku juga akan ikutan dibenci nih. Tapi aku akan mencoba mengulas sebisaku dan bila ada yang tidak sesuai aku mohon maaf sebesar-besarnya.

Judul buku : Indahnya poligami dalam Islam

Penulis : Dr. Siti Ropiah, Dra. SH., M.Hum

Penerbit : CV. Cipta Media Edukasi

Tahun terbit : 2018

Jumlah halaman : 104

Buku ini mengupas masalah poligami yang sampai saat ini masih menjadi kontroversi. Terutama bagi kaum perempuan. Kata poligami tergolong sensitif bagi mereka. Bahkan untuk mendengarnya saja berat, apalagi mengalaminya. Mungkin karena persepsi mereka bahwa poligami adalah diskriminasi terhadap hak-hak kaum wanita.

Di dalam buku ini terlihat bahwa penulis berusaha hati-hati dalam mengupasnya. Penulis berusaha seimbang dalam menyajikan argumentasi baik dari kubu pendukung ataupun kubu penentang poligami. Penulis menyajikan buku ini dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca mudah mencerna apa yang dimaksud penulis dalam bukunya. Termasuk juga disajikan dalil-dalil yang lengkap dan menguatkan argumentasi baik dari kubu pendukung ataupun penentang.

Buku ini menyorot poligami dari beberapa aspek diantaranya aspek historis, aspek filosofis, aspek sosiologis dan aspek yuridis. Semuanya disajikan dengan apik sehingga mata kita akan terbuka lebar apa sejatinya yang diinginkan dari syariat itu.

Selain itu dijelaskan pula bagaimana Rasulullah berpoligami beserta alasannya yang tidak sedikitpun mengedepankan nafsu. Memang untuk menjalani poligami tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Hanya orang-orang yang luar biasa dan sudah menyerahkan hidupnya pada ketentuan Allah, yang bisa dengan rela hati menjalani syariat ini.

Akhirnya saya bisa mengambil kesimpulan dengan tenang bahwasanya perempuan jangan tergesa-gesa meradang ketika mendengar kata poligami. Karena syariat Allah tidak pernah salah. Poligami dalam Islam dilakukan dengan syarat berlaku adil dan tidak aniaya atau menyakiti perempuan. Ada kalimat yang sangat menyentuh hati.

"Bagi perempuan yang telah mampu memiliki hati seluas samudera, telah mampu ikhlas hidup dalam bahtera poligami, jangan menghakimi perempuan lain yang belum mampu menerima poligami sebagai perempuan yang membangkang syariat Allah.

Sejatinya poligami menjadi indah bila tidak ada yang tersakiti atau terdzalimi dengan memahami Islam secara komprehensif.

Buku ini sangat direkomendasikan bagi para pencari kebenaran sejati. Sesungguhnya ilmu itu abadi dan akan tetap ada di hati yang penuh iman. Demikian yang dapat saya tuliskan dengan tertatih-tatih semoga bisa diterima.

Bagi yang berminat dapat menghubungi penulis Bunda Siti Ropiah nomor WA 087888623714.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bu Rini memang jagoan resensi buku, sayang belum meresensi buku saya, padahal berhadiah buku

29 Oct
Balas

Hi..hi...akhirnya kena deh...buku bapak juga luar biasa...sedang saya pikirkan Pak...

29 Oct

Pengin baca bu dhe

29 Oct
Balas

Ya...besok tak pinjami...he..he..

29 Oct

Asyik adik kakak amat kompak, barakallah

29 Oct

Kalau urusan pinjam meminjam selalu kompak Bunda Pipi...hi..hi..

29 Oct

Kelihatan sudah kilauan mutiaranya. Resensi bunda Rini "aduhai" bagi hati-hati yang gundah. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

29 Oct
Balas

"Aduhai" juga komen dari ibunda tersayang yang selalu menyinari hati ini dengan inspirasi... Salam sehat dan sukses selalu.. Barakallah...

29 Oct

Wowwww, resensi kedua yang membuat saya bersyukur bahwa buku saya jatuh di tangan orang yg tepat. Ntah mengapa sy ingin menghadiahi bu Rini dg buku yg tak bu rini pintar. Sepertinya inilah rasa terima kasih atas pemahaman yg luar biasa yang bu Rini lakukan terhadap buku sy. Yg pd umumnya org pasti meradang dan membenci nya. Terima kasih banyak, barakallah

29 Oct
Balas

Pintar = pinta

29 Oct

Bukunya luar biasa dan membuka cakrawala pengetahuan saya tentang poligami...Terima kasih sekali Bunda Pipi...semoga keberkahan akan selalu terlimpah pada keluarga Ibu...

29 Oct

Masyaallaah... Resensinya mantap... Bukunya mesti mantap juga nihhhh.... Barakallaah

29 Oct
Balas

Betul Bunda..buku yang luar biasa dan membuka jendela pengetahuan tentang poligami...Barakallah...

29 Oct

Terlatih dan menunjukkan kemampuan bu Rini dlm menulis termasuk meresensi sebuah buku.meski tertatih tapi sebuah resensi yang indah.

30 Oct
Balas

Sedang belajar dan terus belajar Mba Fila....Matur nuwun sanget sampun rawuh wonten mriki...

30 Oct

Aamin dan unt rekan kita semua

29 Oct
Balas

Terima kasih sudah mengapresiasi Pak Taufik....Barakallah...

29 Oct

wah inspirasi bag kami tentang teknik resensi buku, terima kasih bunda sukses selalu

29 Oct
Balas

Terima kasih juga Pak apabila resensi ini bisa diterima...sukses juga untuk bapak Edy Sofiyan...

29 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali