Rini Yuliati

Seorang ibu dari dua orang putri yang ingin belajar merangkai huruf sehingga menjadi bermakna. Tinggal di sebuah kota kecil di Kebumen, Jawa Tengah. Profesi mom...

Selengkapnya
Teguran Sayang dari Pak Edi Prasetyo
Bapak Edi Prasetyo

Teguran Sayang dari Pak Edi Prasetyo

Masih galau ketika tulisan kita dikritik oleh pembaca ? Tinggalkan rasa itu. Sekarang saya sudah mulai jatuh cinta dengan kritik. Mengapa? Kritik itu membuat kita lebih maju. Kritik itu membuat tulisan kita lebih baik lagi. Yang terpenting kritik itu membuat hati kita belajar untuk lapang. Hati yang lapang akan mudah menerima sebuah kebenaran. Iya, tidak?

Kemarin siang saya memposting sebuah artikel berjudul "Semua Karena Cinta." Coba perhatikan apa ada yang salah dan perlu dikritik dari judul tersebut ? Ya, betul sekali penulisan judul itu salah. Seharusnya yang benar adalah "Semua karena Cinta." Sejujurnya sewaktu saya akan memposting artikel itu ada sedikit keraguan. Ternyata hanya berjarak sebentar dari waktu posting, ada notifikasi dari WA. Kulihat ada sebuah nama yang membuat hati saya bergetar. Duh, Pak Edi Prasetyo. Pasti ada yang salah lagi nih. Beliau sudah saya anggap seperti bapak saya sendiri. Betapa sering beliau mengingatkan diri ini. Terutama dalam hal tulis menulis.

"Bu Rini lupa lagi ya? Penulisan kata karena pada judul tidak diawali dengan huruf kapital, kecuali jika terdapat di awal judul," kata Pak Edi dengan nada santai seperti biasa.

"He..he...Tadi sebetulnya sempat ragu juga Pak," jawabku dengan sedikit membela diri.

"Terima kasih Pak. Bagaimana caranya biar tidak lupa ya," tanyaku lebih lanjut.

"Caranya kata-kata seperti itu ditulis di depan meja kerja, sehingga kalau Bu Rini ragu bisa melihatnya. Hehehe...." Pak Edi kembali menjawab pertanyaan saya dengan santai.

"Waduh, Pak Edi bisa saja. Meja kerja saya di dapur Pak. Nanti kalau ketukar sama bawang putih dan bawang merah. Bagaimana Pak ?" tanyaku kembali.

"Hehehe... Yang benar?" jawab Pak Edi. (Huaaaa...Sepertinya Pak Edi tahu kalau diriku jarang masak).

Dari percakapan dengan beliau saya dapat mengambil banyak ilmu tentang penulisan judul yang masih sering terlupa.

Cara penulisan judul yang benar (sekadar mengingatkan kembali) :

1. Setiap huruf di awal kata ditulis dengan huruf kapital

Contoh :

  1. Wanita Tanpa Senyum
  2. Gadis Kecil Bermata Indah

2. Gunakan huruf kecil untuk preposisi, konjungsi dan interjeksi yang terletak di tengah kalimat

Contoh preposisi : di, ke, pada, dalam, yaitu, kepada, daripada, untuk, bagi, ala, bak, tentang, mengenai, sebab, secara, terhadap, dst.

Contoh :

  1. Me Time ala Emak-emak
  2. Tragedi di Malam Lebaran
  3. Jodoh untuk Bu Guru Dewi

Contoh konjungsi (kata sambung) : dan, atau, tetapi, ketika, seandainya, supaya, pun, seperti, oleh, karena, sehingga, bahwa, kalau, untuk, kemudian.

Contoh :

  1. Tukang Cukur dan Pelanggan

Contoh interjeksi (kata seru) : Alhamdulillah, duh, ih, cih, yuk, wah, wow, amboi, ah, lho, dong dan lain-lain.

Contoh :

  1. Pak Dosen Jangan Grogi, dong !

3. Perhatikan Kaidah Huruf Kapital pada Kata Ulang

Kata ulang murni (dwilingga) dan kata ulang semu harus ditulis dengan huruf kapital di setiap awal kata karena sifatnya yang bisa dibilang tidak mengalami perubahan apapun.

Contoh :

  1. Catatan Terakhir Si Kupu-Kupu Malam

Kata ulang sebagian, kata ulang berimbuhan, kata ulang dwipurwa, dan kata ulang perubahan semua yang sederhananya sudah mengalami perubahan bentuk hanya ditulis kapital pada huruf pertama kata ulang.

Contoh :

  1. Gerak-gerik Penjahat Itu Mencurigakan
  2. Berjalan-jalan di Kota Kebumen

Demikian yang dapat saya bagikan tentang penulisan judul. Saya tidak akan bosan untuk mengingatkan sebagai sesama penulis di sini. Semoga bermanfaat.

Kebumen, 12 Februari 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantap!

12 Feb
Balas

Terima kasih Pak Edi selalu diingatkan. Semoga tulisan ini menjadi pengingat ketika diri ini lupa....Selalu sehat dan menginspirasi. Barakallah..

12 Feb

Mantul Bu Rini tulisan yang berkelas, Barokallah

12 Feb
Balas

Alhamdulillah Pak Syaihu...Semoga bermanfaat....Barakallah..

12 Feb

Hi..hi..dikritik lagi ya? Alhamdulillah berarti Pak Edi sayang sama Budhe

12 Feb
Balas

Hiyaaa....Ora papa....Sing penting dadi pinter.....

12 Feb

Kereen...ppengalaman adalah gutu terbaik ya Kakak cantiik. Alhamdulillah, sehat selalu...barakallah...sukses untuk semua

12 Feb
Balas

He..he..Betul Bunda Upik...Pengalaman pahit ataupun manis sangat berharga sebagai pengingat diri....Sehat dan sukses selalu..Barakallah...

12 Feb

Hihihi....asyik juga tuh ketuker sama bawang putih. Alhamdulillah, akhirnya awaq pun dapat ilmu juga dari Bunda Rini. Jazakillah khoir, Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

12 Feb
Balas

He..he..he..uthi bisa aja..Nyimpen tulisan Bunda biar tidak lupa. Nanti ditegur lagi sama Pak Edi...Terima kasih sudah mampir Bunda...Barakallah...

12 Feb

Terima kasih ilmunya mba Rini Yulianti, sehat dan sukses selalu, Barakallah

14 Feb
Balas

Sama2 Mba Desi Fatma...Barakallah..

17 Feb

Subhanallah, salah ketika diterima dengan ikhlas jadi tulisan. Keren saudariku. Sukses selalu dan barakallah

12 Feb
Balas

Alhamdulillah..Tulisan ini sengaja saya buat dengan jelas supaya diri ini tidak lupa Bunda Pipi..Maklum emak2 suka banyak pikiran...he..he...Salam sehat dan sukses selalu...Barakallah..

12 Feb

Pak Edi salah satu guru besar kita,Bu.Buat saya Bu Rini asisten Pak Edi sama jeli dan pintar.Mksh ilmunya,Bu...

12 Feb
Balas

Mbakyu Fila bisa ajah....Masih belajar terus mbakyuu...Masih suka lupa maklumlah emak2...Sama2 Bu..Semoga bermanfaat...

12 Feb

Kere, tambah ilmu lagi. Terimakasih.

12 Feb
Balas

Alhamdulillah jika bermanfaat Pak Kas Pani..Sama-sama..Barakallah..

12 Feb

Tulis judul kapital semua. Kok repot! Ea!

14 Feb
Balas

Naaah....

14 Feb

Selamat pagi. Minta tolong penulisan "gara gara" bagaimana ya, Jazakallah

12 Feb
Balas

Selamat pagi Pak Noto...Penulisannya huruf depan kapital semua Pak karena termasuk kata ulang murni jadi tulisannya Gara-Gara...Seperti itu Pak..Makasih juga..

12 Feb

Terimakasih telah menambah ilmu perjudulan ( penulisan judul ). Barakallah.

12 Feb
Balas

Sama-sama Pak Mardi...Sekadar pengingat ketika lupa. Barakallah...

12 Feb

Informatif Bunda Rini. Terima kasih sudah diingatkan. Saya juga suka dikritik. Kan kita harus selalu belajar dan belajar. Sukses selalu bun

12 Feb
Balas

He..he..kritik membangun tidak apa-apa ya Bu Fera...Belajar dan terus belajar...Barakallah...Bu Fera...

12 Feb

Terima kasih bunda...jadi tambah ilmu... sedikit-sedikit aja..biar gak lupa Sukses selalu bunda

12 Feb
Balas

Iya Bu Yani...Sedikit aja kadang masih suka lupa...he..he...Terutama emak2 macam diriku yang banyak pikiran .....Sukses dan sehat selalu...Barakallah...

12 Feb

Mantap.... Mator sakalangkong (Bhs. Madura-terima kasih).... Salam takzim Bu Guru

12 Feb
Balas

He..he..Terima kasih Pak Arif..Jadi tahu kosakata dalam bahasa daerah...Selalu sehat dan menginspirasi...Barakallah...

12 Feb

Tulisan yang betul-betul mantab dan penuh dengan manfaat terutama bagi saya bunda .. trims berat. Barokallah.sukses.

12 Feb
Balas

Semoga bermanfaat Bu Noor....Semoga selalu sehat dan menginspirasi...Barakallah...Bu Noor....

12 Feb

Kl soal Pak Edi aku no comment ya??? heheheee....

12 Feb
Balas

He...he..he..

12 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali