Rini Yuliati

Lulusan AKL Depkes Purwokerto yang melakoni profesi momong bocah di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Kebumen Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Tips Menulis Artikel Populer Bagi Penulis Pemula

Tips Menulis Artikel Populer Bagi Penulis Pemula

Siapa sih yang tidak ingin artikelnya menjadi poluler di gurusiana. Sebuah blog menulis dengan ribuan anggota ini. Rasanya tentu menyenangkan apabila artikel dan nama kita terpampang di jajaran artikel populer hari ini. Untuk penulis pemula seperti saya, rasanya hal itu adalah hal yang sangat sulit. Namun dari pengamatan yang saya lakukan beberapa minggu ini, ternyata untuk menulis artikel yang populer dapat dilakukan oleh penulis pemula seperti saya. Saya akan memberikan beberapa tips yang akan mewujudkan impian artikel kita menjadi populer di gurusiana. Tips ini akan saya bagi menjadi 2 yaitu tips umum dan tips khusus. Tips umum supaya artikel kita menjadi artikel yang populer di gurusiana diantaranya :

  • Buatlah judul yang mengundang rasa penasaran sehingga akan menarik minat pembaca untuk mengetahui lebih dalam apa isi tulisan kita.
  • Konsisten dalam menulis. Artinya usahakan setiap hari kita menulis di blog ini sehingga pembaca akan mengenal gaya tulisan kita.
  • Produktif dalam menulis. Artinya buatlah artikel sebanyak-banyaknya yang akan membuat kemampuan menulis kita menjadi terasah.

Sedangkan tips khususnya yaitu :

  • Buatlah beberapa artikel hari ini namun jangan diposting dalam waktu yang bersamaan karena perhatian pembaca akan terpecah. Misalnya dengan waktu posting pagi, siang, sore dan malam menjelang tidur.
  • Pasang alarm supaya kita bangun pukul 2 dini hari.
  • Ambil air wudhu dan sholat tahajud terlebih dahulu.
  • Tunggu keajaiban diantara pukul 2 sampai dengan pukul 4 dini hari karena ternyata nama dan artikel yang kita tulis terpampang dalam jajaran artikel yang populer dengan pembaca tak kurang dari 15 orang.
  • Setelah pukul 4 lebih jangan lagi mencoba untuk menengok jajaran artikel populer hari ini karena nama kita akan terusir secara halus oleh penulis populer yang sesungguhnya. Jadi jangan berharap artikel kita populer setelah pukul 4 lebih.
  • Keep smile forever.

Demikian beberapa tips yang bisa saya berikan, dan kalau tidak percaya coba saja, tunggu keajaiban yang akan terjadi. (lariiiiii....ah...takut ditimpuk batu)

#intermezo sore hari)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih pencerahannya Bu Rini Yuliati, saya mau datang lagi. Mampir ya Bu

13 Sep
Balas

Njih Pak...nanti saya mampir...

13 Sep

yes 3 x ..!! Resep jitu

11 Sep
Balas

Hi...hi..Pak WA Sutanto sudah pengalaman ya....

11 Sep

Hari ini, tulisan saya pun sempat masuk yang terpopuler dengan 174 pembaca dalam 2 jam pertama. Tapi itu, saat komentar ini ditulis, menjadi peringkat 3. Memang membuat tulisan tidak dimaksudkan untuk menjadi paling populer. Tapi benar kata Ibu, menyenangkan rasanya bisa berada di situ. Artinya tulisan kita dilirik ternyata... Semangat terus ya!!

11 Sep
Balas

Iya Pak...itu sekedar penyemangat bagi penulis pemula seperti saya...Terimakasih atas atensinya...

11 Sep

Betul bu Rini...dulu saya pernah sampai jam 12 siang..setelah itu lenyap...he..he

11 Sep
Balas

Lenyap ditelan angin musim dingin ya.....hi...hi...

11 Sep

Duluuu, waktu baru masuk gurusiana, saya juga pernah nulis dan merasakan hal yang sama dengan yang bunda tuluskan ini. Saat itu artikel saya berjudul "Mumpung Mereka Masih Tidur". Artikel itu membuat bunda Sri Sugiastuti tertawa dan menuai banyak "komentar". Tapi tips yang bunda buat ini "benar" koq, konsisten dan produktif dalam menulis akan memberikan "efek samping" yang membahagiakan. Rasa dan keinginan yang wajar. Meski banyak gurusianer hebat tidak menginginkan hal ini. Saya suka, bunda jujur banget. Semangat ya bunda, melihat konsisten dan produktifnya bunda saat ini, saya yakin suatu saat bunda akan ada di "situ". Jazakumullah khoiron katsiro untuk tipsnya.Tambahan satu tips lagi "Jaga silaturrahmi". Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

11 Sep
Balas

He...he...iya Bun tulisan ini sekedar untuk menghibur....Terima kasih untuk perhatian Bunda Rai...Barakallah...

11 Sep

betul bu Rini. Aku pernah diberi selamat oleh temanku, karen masuk 5 besar. Aku bilang padanya namaku muncul itu seperti matahari, saat pagi terpampang nama di 5 besar, tapi saat siang akan tergeser dan ketika malam hari akan tenggelam oleh tulisan para gurusianer handal. tapi harus tetap semangat menulis, walaupun tidak msuk taring. Makasih tipsnya bu Rini. Barakallah

11 Sep
Balas

He...he...sekedar intermezzo bu...supaya tidak spaneng...

11 Sep

Weh lucu menggigit, ucapan yang tulus apa adanya, semoga jadi yang terpopuler bu Rini, semangat. Tipnya oke juga. Semoga sukses.

11 Sep
Balas

Bu Rita bisa aja.....he...he....Sukses juga untuk ibu....

11 Sep

Saya baru ikut gurudiana. Mhn info cara mengirim artikelnya

12 Sep
Balas

Di situ sudah ada formatnya Pak...kita tinggal ngisi saja...

12 Sep

gurusiana mksdnya. Mhn info cara mengirim artikelnya

12 Sep
Balas

Alhamdulillah tipsnya... Kren banget.. Aq aja yg sekedar coba- coba... Eh, kayakna koa ketagihan untuk nulis ya... Tapi aku nulis yg aku rasakan aja dulu..

21 Sep
Balas

Selamat mencoba Bu..dan rasakan sensasinya...he..he...

21 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali