Rini Yuliati

Seorang ibu dari dua orang putri yang ingin belajar merangkai huruf sehingga menjadi bermakna. Tinggal di sebuah kota kecil di Kebumen, Jawa Tengah. Profesi mom...

Selengkapnya
Bukan Hanya Sekadar Kebaya
surabaya.tribunnews.com

Bukan Hanya Sekadar Kebaya

21 April. Ada apa di hari itu ? Ibu-ibu PKK dari tingkat RT sampai tingkat kelurahan sibuk. Lomba senam. Lomba fashion show kebaya. Tak ketinggalan si sulung yang sejak tiga hari kemarin sibuk mencari kebaya.

"Bu, aku mau pinjam kebaya ke salon. Dipakai hari Senin untuk memperingati hari Kartini," ucapnya beberapa hari yang lalu.

Kemarin dia mengatakan kalau tidak jadi menyewa baju kebaya ke salon. Dia meminjam baju kebaya ke temannya. Ibu temannya mempunyai koleksi kebaya banyak. Eh, masih ribut juga. Belum mendapatkan kain bawahannya. Akhirnya berhasil mendapat pinjaman kain jarik dari teman yang lain. Neneknya punya banyak kain jarik. Hemmm.

Pagi ini si sulung bangun gasik. Setelah acara ritual pagi hari, dia terlihat sibuk memakai kebaya dan kain bawahannya. Taraaaa. Ada Kartini di rumah. Hi hi. Cantik seperti ibunya (ayahnya lewat...tidak terima.com). Setelah semuanya siap, dengan semangat 45 berangkat sekolah. Sepanjang perjalanan banyak anak sekolah berkostum kebaya. Jalannya pelan karena model kain yang sempit. Aduhai seperti putri Solo. Warna-warni kebaya menghiasi jalanan pagi ini.

Tanggal 21 April diperingati seluruh bangsa Indonesia. Seorang pahlawan wanita lahir pada hari itu. Raden Ajeng Kartini. Sosok yang dikenang sepanjang zaman karena pemikirannya. Beliau berjuang agar wanita bisa mendapatkan pendidikan. Pada zamannya wanita tidak boleh mengenyam pendidikan sekolah. Sekarang apa yang diperjuangkan beliau sudah terwujud. Baik wanita atàupun pria bisa sama-sama mencari ilmu.

Wahai anakku. Hari ini kamu memakai baju kebaya untuk memperingati sosok Kartini. Bukan hanya sekadar kebaya. Namun yang harus kamu ingat bahwa wanita harus berilmu. Tanpa ilmu kamu tidak bisa mendidik putra-putrimu dengan baik. Perjuangan ibu Kartini agar wanita bisa belajar banyak hal. Tentang ilmu agama dan ilmu yang lain. Supaya wanita tidak terkungkung dalam kegelapan. Karena ilmu adalah cahaya. Sekali lagi, wahai anakku. Jadilah orang yang berilmu supaya bisa menerangi sekelilingmu dengan cahaya kebaikan.*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tanggal dan bulan yang berulang. Oke Bun.

22 Apr
Balas

Yesss...Pak Tanto...Selamat Hari Kartini..

22 Apr

Meskipun hanay setahun sekali, semoga momentum hari Kartini bisa membuat anak-anak kita mencintai busana daerahnya.

22 Apr
Balas

Betul Pak Agus...Cinta budaya daerah ...Cinta Indonesia...Barakallah...

22 Apr

Wanita Indonesia makin hebat bermartabat

22 Apr
Balas

Siaaap Pak...

22 Apr

Semoga semangat Kartini senantiasa menginspirasi para Kartini zaman now. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Bunda Rini.

24 Apr
Balas

Betul Uthi..semangat mencari ilmu seperti Kartini...Semoga uthi selalu sehat dan bahagia..Barakallah Uthi Rai...

25 Apr

Hari Kartini buat semangat tuntut ilmu makin membara, karena tak mau ketinggalan zaman di masa kini. Sukses selalu dan barakallahu fiik

22 Apr
Balas

Betul Bun...Semangat Kartini mencari ilmu harus terus ada di dalam dada para generasi penerus...Sukses juga untuk bunda Pipi..Barakallah..

22 Apr
search