Rini Yuliati

Seorang ibu dari dua orang putri yang ingin belajar merangkai huruf sehingga menjadi bermakna. Tinggal di sebuah kota kecil di Kebumen, Jawa Tengah. Profesi mom...

Selengkapnya
Ada Apa dengan Tulisan Feature ?
Dokumen pribadi : Fathiya's Picture

Ada Apa dengan Tulisan Feature ?

Entah, nyidam apa emak alias ibu saya sewaktu mengandung diri ini. Saya tumbuh jadi pribadi yang suka penasaran. Ketika ada sesuatu yang menggugah insting rasa ingin tahu saya. Saya akan berusaha mencari jawaban di kolong-kolong kamus. Atau mengetuk pintu rumah mbah google. Begitu juga ketika si mister membuat sebuah tulisan. Dia mengatakan itu adalah jenis tulisan feature. Waduh, saya kepo tingkat tinggi. Ada apa dengan tulisan feature ?

Saya betul-betul miskin ilmu kepenulisan. Hanya bermodal nekat nyemplung di sini. Akhirnya saya berusaha silaturahmi ke rumah mbah google. Di sebuah rumah milik abdurrosyid.wordpress.com saya mendapatkan jawaban.

Feature adalah jenis tulisan yang lebih bersifat menghibur, isinya kadang sesuatu yang remeh dan luput dari liputan wartawan straight news, tetapi tidak terlalu terikat dengan tenggat waktu. Ia bisa ditulis kapan saja dan di-publish kapan saja. Karenanya, ia awet. Sebuah feature hendaknya ditulis dengan gaya bertutur, deskriptif, sedemikian rupa sehingga susunan kata dan kalimatnya mampu menggambarkan atau melukiskan suatu profil atau peristiwa tertentu. Oleh karena itu, feature sesungguhnya sebuah “cerita”, tapi bukan cerita mengenai fiksi melainkan mengenai fakta. Tulisan feature mempunyai beberapa ciri khas, antara lain:

  1. Mengandung segi human interest. Menggugah emosi-menghibur, memunculkan empati dan keharuan.
  2. Mengandung unsur sastra. Feature ditulis dengan cara atau gaya menulis fiksi.

Jadi, feature adalah jenis berita yang sifatnya ringan dan menghibur. Ia menjadi bagian dari pemenuhan fungsi menghibur (entertainment) sebuah surat kabar.

Sementara hanya itu dulu yang berusaha saya pahami. Butuh waktu untuk mencerna informasi di atas. Sekali lagi karena saya masih nol. Ya sudah, cukup itu dulu catatan kecil ini.

#edisipenasaran#

Kebumen, 27 Mei 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

niat menggugah ide. OK

27 May
Balas

Dari penasaran menjadi tulisan Pak Tanto...Selamat rehat...

27 May

Ooo..saya juga baru ngeh Kak..Terima kasih sudah dipaparkan. Saya pun jadi tahu. Salam sehat dan sukses Barakallah Kak

28 May
Balas

Iya Dik..kita juga baru 'ngeh' sekarang....Mungkin bisa dicoba membuat tulisan feature Dik Upik...Salam sehat dan sukses juga...Barakallah adik cantik ....

28 May

Nambah ilmu lagi. Thanks mbakku...

28 May
Balas

Sama2 Bu Penilik...Saya juga penasaran...

28 May

Alhamdulillah dapat ilmu baru nih Budhe. Sukses selalu dan barakallah fiik

28 May
Balas

Saya juga baru tahu Bunda Pipi ternyata ada tulisan jenis tersebut...Sukses juga untuk bunda Pipi...Barakallah fiik..

28 May

Luar biasa! Rasa penasaran bisa jadi tulisan keren. Wah, jadi tahu nih Bu. Alhamdulillaah dapat ilmu baru

28 May
Balas

Pak Ayo bisa saja..Saya perlu menimba ilmu dari njenengan...Barakallah..

28 May

Keingintahuan menciptakan pemahaman akan pengetahuan. Sukses bun. Jadi ikutan tahu feature saya, barakallah share nya.

28 May
Balas

He..he ...Penasaran alias rasa ingin tahu berbanding lurus dengan pemahaman...Terima kasih Bu Rita atas perhatiannya...Barakallah...

28 May

Eaa

28 May
Balas

Ahaaaay....

28 May
search